Klik pada item di bawah ini untuk halaman lainnya

W3Lc0m3

Slamat datang di Blog Fakultas MIPA UKIT..... come and enjoy

Label

Minggu, 10 Juli 2011

Mahasiswa FMIPA UKIT-YPTK diberi peluang praktek dan penelitian


Kunjungan ke B2P2TO-OT Depkes RI di Tawangmangu, Jateng


Minggu, (13/03) mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapangan-Kuliah Kunjungan Industri (KKL-KKI) Jurusan Farmasi FMIPA UKIT, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TO- OT) di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng. Selain mendapatkan kesan dan wawasan di tempat penelitian tanaman oat terbesar di Indonesia tersebut, mahasiswa juga diberi peluang untuk praktek lapangan atau penelitian skripsi di tempat ini.

Menurut Kepala Bidang Program, Komunikasi dan Informasi B2P2TO-OT Drs. Slamet Wahyono, Apt. yang menerima mahasiswa farmasi FMIPA UKIT YPTK, dengan terbangunnya kerjasama ini maka balai penelitian tanaman obat siap menerima mahasiswa untuk penelitian atau praktek. “Bapak, ibu pimpinan tinggal mengirimkan surat pengantar atau pemberitahuan lengkap dengan judul penelitian dan proposalnya. Fokus kita pada observasi medis. Seperti apa khasiat suatu tanaman obat.” Ungkap Wahyono menjawab pertanyaan Jeane Mongi, SSi,Apt dosen jurusan Farmasi.


Hebatnya balai ini memiliki mess peneliti dengan daya tampung memadai dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal mahasiswa penelitian.

Fasilitas penelitian yang dimiliki B2P2TO-OT terbilang sangat lengkap. Balai ini memiliki lahan 18,5 hektar, gedung laboratorium berlantai 3, klinik saintifikasi jamu “Hortus Medicus”, perpustakaan dengan 1.238 koleksi pustaka, mess peneliti, ruang pasca panen, rumah kaca, kebun penelitian, etalase tanaman obat dan kebun produksi ,museum mini obat tradisional, herbarium kering dan basah.

Laboratoriumnya memiliki 11 instalasi, jadi sangat komplit untuk penelitian. Instalasi laboratorium tersebut adalah: Instalasi benih dan pembibitan tanaman obat, Laboratorium Sistematika Tanaman, Instalasi Adaptasi dan Pelestarian, Instalasi Koleksi Tanaman Obat, Instalasi pascapanen, Laboratorium hama dan penyakit tanaman, Laboratorium galenika (fito farmasetik), laboratorium farmakognosi dan fitokimia, laboratorium kultur jaringan dan mikrobiologi, laboratorium eksperimental dan laboratorium bioteknologi.

Ketua jurusan Farmasi FMIPA UKIT, Novel Kojong, SSi,Msi,Apt. mengaku senang dan pusa dengan kunjungan ini. Kunjungan diakhiri dengan kunjungan ke kebun percontohan tanaman obat dan laboratorium penelitian./

Tidak ada komentar: